Home

Pages

Saturday, February 20, 2016

Ternyata, Garam Obat untuk Flu (Pilek)

Flu (influenza) adalah penyakit menular yang disebabkan virus influenza. Gejala paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan dan rasa tidak nyaman secara umum. Biasanya influenza ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin yang akan menimbulkan Aerosol (paritikel padat atau cair yang melayang di udara) yang mengandung virus.

Influenza juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja burung atau ingus, atau melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi.        

Selama ini yang paling dibenci oleh penderita flu adalah bersin dan ingusan atau biasa disebut pilek (common cold) yang sangat mengganggu sekali dalam aktifitas sehari – hari. Biasanya penderita hanya membersihkan ingus dengan tissue, sapu tangan dan obat – obatan saja. Banyak yang belum mengetahui bahwasanya garam dapat meredam flu yaitu trutama pada hidung gatal dan ber-ingus.

Dikutip dari NY Times, Rabu (29/9/2010), larutan garam dapur bersifat menarik cairan sehingga bisa mengeluarkan kelebihan cairan di daerah tenggorokan yang mengalami radang, garam juga akan  meredakan rasa sakit yang ditimbulkannya. Selain itu, larutan garam jugadapat mengencerkan lender maupun dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Nah ! dibawah ini cara praktis dan mudah menghilangkan gatal di hidung dan ingus pada flu dengan menggunakan garam :

· Bahan

1.      Air hangat

2.      Garam

·         Cara pakai

1.      Siapkan air hangat di baskom atau tempat sejenis baskom

2.      Campurkan 5 sdm garam (atau sampai benar-benar asin), aduk hingga garam larut

3.      Kemudian setelah garam larut, perlahan hirup air kemudian keluarkan air bersama ingus (lakukan seperti biasa membersihkan ingus dengan air).

4.      Lakukan berkali-kali sampai hidung bersih dan terasa enteng

5.      Lakukan secara berkala minimal sehari 2 kali.

Selamat mencoba !

oleh: Dwi Hidayatul Maram

Comments
0 Comments