Home

Pages

Saturday, December 19, 2015

Tips Menulis Paragraf Awal yang Menarik pada Cerita Pendek (Cerpen)

Salam Literasi dan Salam Bahagia...

Ada banyak kendala yang dihadapi oleh penulis pemula, namun yang paling tinggi rating tantangannya adalah "Bagaimana memulai paragraf pertama pada cerita pendek (Cerpen).

Pada tulisan ini, saya akan memberikan tips (cara mudah) singkat bagaimana memulai menulis paragraf pertama pada cerpen.

Gunakan narasi tempat yang jelas. Sebagai penulis, kita harus bisa menguraikan dengan jelas setting atau latar tempat. Gunakanlah deskripsi tempat di awal cerita, sehingga kita bisa memulai tulisan dengan memperhatikan tempat di mana sang tokoh berada. Kaitkan dengan menarik hubungan tempat dengan tokoh dalam cerita.

Perlu diingat, kita harus membatasi setting tempat yang berlebihan yang tidak terkait langsung dengan tokoh dan ide cerita agar tulisan kita tetap efektif. Dengan kata lain, penggambaran setting haruslah aktif dengan melibatkan tokoh untuk menghidupkan tempat tersebut.

Setting tempat merupakan roh dalam menghidupkan cerita yang kita tulis. ini merupakan hal pertama yang perlu kita seriusi dalam menulis.

Contoh setting narasi:
Mewarisi tanah leluhur ini membuat aku muak dan stres. Punggungku setiap siang dipanggang matahari ketika harsu mencangkul tanah tandus. Apalagi ini musim kering yang sadis. Sejauh mata ini memandang, tak ada tanda-tanda bahwa dulu petak-petak persawahan ini tersimpan sejarah panjang tentang kehidupan. Lebih tepatnya, sejarah kemakmuran kampung kami.

Semoga Bermanfaat, Guys.



Comments
0 Comments